Nvidia Tegra 3 Lebih Kencang dari Intel Core 2 Duo?

Diposting oleh Rifki Hussein di 00.32

Nvidia chipset Tegra 3 memberikan performa yang luar biasa untuk tablet PC dan ponsel, bahkan diklaim lebih kencang jika diadu dengan proseor komputer sekelas Intel Core 2 Duo. Benarkah?

Nvidia Tegra 3 merupakan sebuah System on Chip (SoC) yang berarti di dalamnya sudah ditanamkan sebuah prosesor, GPU, dan memory controler untuk mengendalikan alur data. Dari arsitektur jelas produk ini lebih unggul dari jajaran Core 2 Duo.

Hal tersebut coba ditunjukkan melalui sebuah pengujian yang dilakukan Nvidia. Sebagai tolak ukur aplikasi pengujian yang digunakan adalah CoreMark 1.0, untuk menguji seberapa jauh kemampuan Arithmetic Logic Unit (ALU) dan Floating-point Unit (FPU).

Dikutip detikINET dari ilsistemita, Kamis (17/11/2011), namun sayangnya ditemukan sejumlah kejangalan dalam pengujian tersebut. Diketahui Nvidia mengunakan konfigurasi berbeda, sehingga menghasilkan angka yang berbeda pula.

Misalnya untuk menguji Core2 T7200 Nvidia menggunakan compiler versi 3.4, sedangkan pada Tegra 3 memakai versi terbaru yakni 4.4. Selain itu Nvidia diduga juga melakukan beberapa tweak, agar pengujian lebih optimal pada sistem miliknya.

Nah, pengujian dengan metode tersebut dianggap tidak fair. Terlebih, Nvidia Tegra 3 dengan Core2 T7200 (prosesor dual-core 2,0 GHz dengan cache 4 MB) berbeda secara arsitektur, sehingga membutuhkan teknik pengujian yang berbeda pula.

Jika ditilik dari sistem kerjanya, Nvidia Tegra 3 memang amat menjanjikan. Namun soal performanya yang lebih baik dibanding prosesor komputer hingga saat ini masih dipertanyakan.

0 komentar:

Posting Komentar

My Follower'z

Copy Right by Rifki Hussein (Reevky_hs@yahoo.co.id). Diberdayakan oleh Blogger.